Jumat, 02 Oktober 2020

Mesin Tik Adler Privat peninggalan N.V. Rahman Tamin Ratatex


Berawal dari tulisan yang ada di pojok belakang bodi mesin tik, lalu saya melacak dua kata tersebut. Rahman Tamin, adalah seorang saudagar besar masa revolusi Indonesia. Beliau juga merupakan teman dari beberapa tokoh kemerdekaan. Rahman Tamin memulai karir dari meneruskan usaha orang tuanya yaitu Haji Tamin yang berbisnis di Bukit Tinggi sejak 1914.

Pada tahun 1928 Rahman Tamin mendirikan kantor perdagangan di Padang dan pada tahun 1932 memindahkan kantornya ke Jakarta untuk memperbesar usahanya. Pada tahun 1950-an Rahman Tamin melakukan ekspansi bisnis ke sektor-sektor usaha yang sebelumnya hanya dikendalikan oleh Belanda. Pada tahun 1957 mendirikan pabrik tekstil di Sidoarjo yang diberi merk Ratatex (Rahman Tamin Textile). Peresmian pabrik tersebut dihadiri oleh presiden pertama RI Ir. Soekarno dan wakil presiden Muhammad Hatta pada 17 Mei 1958 di Sidoarjo.

Rahman Tamin juga dikenal sebagai pengusaha yang dermawan. Salah satu rumahnya dijadikan sebagai kantor Masyumi melalui hibah beliau kepada Muhammad Natsir Prawoto Mangkusasmito sahabatnya, yang saat itu menjabat sebagai ketua Masyumi. Pada tahun 1950-an, gedung rumahnya yang lain juga digunakan sebagai Gedung PB HMI. Saat itu PB HMI baru berpindah tempat dari tempat berdirinya di Yogyakarta.



Berdasarkan data dari typewriterdatabase.com, mesin tik Adler Privat dengan nomor serial 3033853 ini dibuat tahun 1956. Jika diamati, tulisan N.V. Rahman Tamin di sisi kanan selaras dengan nama perusahaan mesin ketik di sisi kiri. Kemungkinan mesin ketik ini dipesan khusus oleh Rahman Tamin dari pabrikannya di Frankfurt Jerman. Adapun dua huruf N.V. yang terletak sebelum kata Rahman Tamin adalah kependekan dari Naamloze Vennootschap adalah penyebutan  PT di jaman Belanda. Peralihan penggunaan istilah N.V. menjadi PT (Perseroan Terbatas) sejak kapan masih belum dapat ditelurusi.

Hal tersebut dikuatkan dengan adanya tombol Rp (Rupiah) di sisi kiri atas, sebagai bukti bahwa mesin ketik ini memang benar-benar diperuntukkan negara Indonesia. Karena mesin ketik pada tahun-tahun tersebut umumnya menggunakan tombol mata uang dollar dan mata uang negara di mana mesin tik tersebut diproduksi.

Terdapat tombol mata uang Indonesia.

Di bawah ini contoh foto mesin tik Adler Privat dengan tulisan sesuai identitas instansi di bagian belakangnya (sumber: databasetypewriter.com). Barangkali memang sesuai dengan tipenya -Privat-, mesin tik ini hanya diproduksi dari pesanan pembeli.

Mesin ketik Adler Privat dengan identitas perusahaan tertentu

Dengan keberadaan mesin tik di Jawa Timur serta tahun pembuatan yang selaras dengan pendirian Ratatex, besar kemungkinan mesin tik ini digunakan saat pendirian pabrik tekstil tersebut. Sayang sekali, setelah sepeninggal Rahman Tamin, terjadi perebutan aset Ratatex oleh keluarga besar Rahman Tamin sendiri. Anak beliau Sofjan Rahman Tamin memilih untuk menjauh dari perebutan dan memulai usaha baru pembuatan baut dan mur.

Mesin ketik jenis portable selalu dilengkapi kotak kopor

Sepeninggal Rahman Tamin, Ratatex mengalami kemunduran hingga sampai pada kehancuran. Kini pabrik  tekstil tersebut tidak menyisakan apapun. Bahkan puing-puingnya telah rata dengan tanah. Meskipun tak tersisa, nama Ratatex tetap dikenang oleh masyarakat Jawa Timur yang berusia 60 tahunan. Mereka adalah saksi dari kebesaran Ratatex. Rasanya belum lengkap jika belum menggunakan kain merk Ratatex.

Setelah saya telusuri, selain mesin ketik portable di atas saya menemukan 4 mesin ketik peninggalan N.V. Rahman Tamin dengan merk sama namun tipe berbeda. Yaitu mesin tik Adler tipe Universal. Mesin tik tersebut termasuk jenis standard, yaitu mesin ketik dengan ukuran besar. Mesin tik standard digunakan di meja tertentu secara permanen dan tidak berpindah-pindah. Mesin ketik ini diproduksi dalam rentang tahun 1950-1962 dengan panjang gandaran yang bervariatif.

Mesin ketik Adler Universal berwarna putih dan bulu kera

Tulisan N.V. Rahman Tamin berada di sisi kiri

Tampak jelas ketika diperbesar

Mesin ketik Adler Universal dengan gandaran panjang hingga
terdapat tapak kaki di kanan kiri bodi untuk keseimbangan

Tulisan N.V. Rahman Tamin berada di sisi kanan

Mesin tik Adler Universal warna coklat keemasan

Tulisan N.V. Rahman Tamin di sebelah kanan

Mesin ketik Adler Universal dengan gandaran pendek

Pada mesin tik ini tidak lagi menggunakan istilah N.V., tapi
menggunakan istilah Firma

Mesin Tik ini bukan sekedar bukti kebesaran Ratatex yang meninggalkan kenangan-kenangan tersendiri bagi masyarakat Jawa Timur, namun juga merupakan salah satu saksi perjalanan pengusaha besar yang memiliki jiwa nasionalis yang saat ini sudah sulit kita temui. 

Berikut ini adalah kliping berita tentang peresmian pabrik Ratatex yang dihadiri Presiden RI Soekarno dan M. Hatta (meskipun saat itu sudah tidak menjadi wakil presiden) di koran Merdeka edisi 22 Mei 1958:





Prasasti Peresmian Pabrik Ratatex di salah satu bangunan kompleks Ratatex sebelum gedung diratakan dengan tanah:


Iklan produk Ratatex di Majalah TUGAS (terbitan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai), no 5-6-7-8-tahun 1959:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar