Saturday, May 16, 2015

Mesin Ketik Hermes 2000

Tulisan ini dialihbahasakan dari sebuah blog oztypewriter.blogspot.com, sebuah situs website yang dikelola oleh Robert Messenger dari Canbera, Australia, pemenang Qwerty Award pada 2014.

Sebuah Penghormatan Untuk Kesederhanaan Mesin Ketik Hermes 2000

Saya menggunakan kata “sederhana” dengan pertimbangan betul-betul. Hermes 2000, saya percaya, tidak semestinya dapat dikalahkan oleh kawan sepabriknya, Hermes 3000 dan Hermes Baby. Sebenarnya 2000 merupakan mesin ketik Hermes portabel pertama yang diproduksi Paillard pada tahun 1932, kemudian diikuti Hermes Baby pada 1935. Namun Baby, yang mana dimulai dengan berat yang ringan, merupakan salah satu mesin yang paling penting dalam sejarah mesin ketik portabel. Dan 3000 mampu membuktikan reputasinya, menjadi favorit bagi para penulis seperti Larry McMurtry. Hal ini bukanlah suatu kemalangan dengan mengenyampingkan 2000 yang menjadi lemah dalam perbandingan yang tidak jelas. Namun hal ini sangat jauh, mesin ketik yang jauh lebih bagus dari yang paling bagus dalam jajarannya. Tentu, ketiga tipe Hermes 2000, saya sudah menguji semuanya saat ini di antara mesin ketik yang paling baik yang pernah saya pakai. Maka ini merupakan persembahan saya untuk “kesederhanaan” Hermes 2000:

Hermes 2000 generasi pertama.

Keorisinilan Hermes 2000 menjadi salah satu mesin ketik paling indah yang pernah diciptakan. Yang sangat bagus sentuhan lembutnya, seperti putaran perak pada permukaan gulungan pita, yang menyihir seluruh keindahan yang tiada bandingannya. Saya sedih ketika model yang dihasilkan Inggris ini buruk pengemasannya, namun saya mampu mengembalikan pada kondisi kerja yang sempurna dengan TLC. Betapapun pakain luar dapat menjaga gambaran saya kembali pada keindahan, hal ini bukan wujud kehebatannya. Mesin ketik ini menghasilkan suara yang tidak seperti pada mesin ketik lainnya. Suaranya hampir mendahului, tapi bisa dikatakan, keras dan sangat bersih – “Saya adalah mesin ketik – menulislah denganku, karena aku diperuntukkan untuk pekerjaan!”. Dan seorang laki-laki menggunakannya untuk pekerjaan. Tulisan-tulisan dan langkah-langkahnya seperti senapan mesin, yang menembakkan huruf di atas kertas pada sebuah arah yang tidak dapat saya jumpai pada mesin ketik lainnya. Jika saya memiliki kompetisi jurnalis besar, kecepatan pada semua lawan saya akan kalah dengan kecepatan dan kualitas kata-kata saya, yaitu dengan mesin ketik yang saya pakai tersebut. Pada ruangan yang penuh dengan wartawan, tak seorangpun dapat berkonsentrasi kecuali hanya saya. Setiap orang lain terganggu dengan keheranan pada langkah dan suara mesin ketik ini.

Hermes 2000 generasi kedua.

Apakah Hermes 2000 reputasinya terpuruk dengan turunnya di antara Hermes 3000 dan Hermes Baby. Saya heran, jika semua itu sungguh dalam keadaan yang sebenarnya, hal itu dalam perbandingan yang sangat tidak adil. Paling tidak perhatian pada salah satu tipe yang paling baik yang pernah saya pakai. Sumbangan pada masa ini, gerakan mengetik adalah ketajaman yang luar biasa, kuncinya adalah, pelebaran yang baik, dan keutuhan perpindahan pada mesin tetap sangat rapi dan halus. Saya hanya suka menggunakan mesin ketik ini. Menurutku ini tidak lebih dari sebuah “pengamatan” dari seorang pecinta mesin ketik. Hal ini, setelah semuanya menjadi sungguh tumpul seperti hijau tentara. Namun hal itu tidak dapat mengurangi kualitas mekanik dan mesin ketik itu sendiri. Pada gerakan mengetik, generasi kedua Hermes benar-benar mengejutkan.

Hermes generasi ketiga

Walaupun orang lain mempunyai sambutan hangat mengenai Hermes 3000 mereka dan Hermes Baby mereka, dengan tenang saya menghayalkan Hermes 2000 ini adalah yang paling baik dari rangkaian waktu yang saya peroleh hampir tujuh atau delapan tahun yang lalu. Generasi ketiga Hermes 2000 ini, dan sebagaimana pendahulunya, adalah mesin ketik paling baik. Kunci utamanya adalah didesain dengan baik pas untuk ujung jari-jari, namun hal itu hanya sebagian kecil. Meskipun begitu, pada satu sisi, saya menemukan bahwa Hermes 2000 juga sangat rapi dan sangat lembut pada gerakan mengetik. Salah satunya adalah tentu lebih banyak kedekatan pada penampakan dari pada Hermes 3000 yang dikagumi oleh banyak orang, dan saya masih tidak bisa memikirkan pemberian yang banyak ini, jika hal itu adalah ibarat kakak perempuannya. Hal ini masih selain kesenangan untuk memakainya, tidak diragukan mengenai hal ini.

Hermes 2000, generasi pertama, kedua, dan ketiga.


No comments: