Selasa, 20 Agustus 2019

Mesin Tik Erika 6


Tampak dari depan

Sisi kiri

Sisi kanan

Tampak dari belakang

Tampak dari atas


Tampak dari bawah

Mesin tik di samping kotaknya

Nomor seri 529003/6


Hasil ketikan

Hasil ketikan seluruh keyboard

Dijual Mesin Tik Erika Model 6 diproduksi mulai tahun 1930an di Jerman. Mesin Tik Erika adalah mesin tik pertama yang memiliki tampilan kecil dan simple sehingga mudah dibawa. Karakter mesin tik Erika yang berbeda dari mesin tik lainnya adalah letak tombol-tombol tuts yang menyembul ke atas hampir sejajar dengan bodi. Tuts berbahan kaca dibalut dengan logam kuningan.

Mesin tik ini berfungsi normal. Hanya saja, beberapa cetakan huruf sudah tidak sempurna, sehingga ada bagian huruf yang tidak tercetak di atas kertas (bisa dilihat di contoh hasil ketikan). Hal itu sebenarnya dapat menambah kesan klasik untuk penulisan bebas, hanya saja untuk tulisan-tulisan formal kurang pas.

Selain untuk mengetik, mesin tik ini juga layak dijadikan sebagai pajangan/display, karena tombol tuts yang berbentuk bulat berlapis kaca akan membawa kesan jaman kolonial pra kemerdekaan. Terlebih jika diletakkan di atas rak kayu, akan lebih memperindah ruangan.

Selain cetakan sebagian huruf tidak sempurna, minus lainnya adalah karet gandaran sudah mengeras dan ada bagian yg cuil, sehingga  saat digunakan untuk mengetik jika tuts ditekan keras akan melubangi kertas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar